zaara

Tips Mengadakan Resepsi Saat Pandemi

Pandemi Covid 19 melanda di hampir semua negara di dunia jelas menimbulkan dampak diberbagai sektor. Termasuk di Indonesia. Beberapa kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah sebagai uoaya mengurangi penularan virus, mengakibatkan beberapa kegiatan diberhentikan. Tak pelak hal ini membuat kita dipaksa untuk adaptif terhadap kebiasaan baru ini. Termasuk pada penyelenggaraan pesta pernikahan.

Ketika pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Keigatan Masyarakat ( PPKM ) dibeberapa wilayah Indonesia, membuat para calon pengantin menyesuaikan sesuai dengan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan agar tuan rumah dan tamu undangan yang hadir tetap terjaga kesehatan dan keselamatannya.

Nah, bagi anda yang menginginkan pesta pernikahan tetap digelar meskipun masih ditengah pandemi, berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan.

infografis zaara catering

 

1. Batasi Tamu Undangan

Masyarakat Indonesia mempunyai nilai tradisi dan kekeluargaan yang kuat. Sehingga menggelar pesta pernikahan dengan serangkaian tradisi adat istiadat dan mengundang banyak tamu menjadi satu keharusan. Karena dimomen inilah mereka bisa berkumpul dengan keluarga, dan pesta pernikahan patut dirayakan. Tapi ketika terjadi pandemi ini, mau tidak mau anda harus batasi tamu. Sesuaiakan banyaknya tamu undangan dengan kapasitas ruangan. Menurut peraturan jumlah undangan maksimal 20% dari kapasitas ruangan. Apabila ingin menghindari kerumunan, anda bisa menjadwal jam kedatangan tamu.

2. Sediakan alat penunjang protokol kesehatan
Didepan gedung anda bisa menyiapkan hand sanitizer dan atau tempat cuci tangan dilengkapi dengan sabun dan tisyu. Hand sanitizer selain ditempatkan di aera pintu masuk, juga bisa diletakkan di tempat pengambilan makanan. Pada meja penerima tamu siapkan juga pemindai suhu. Sehingga bisa memastikan para tamu yang hadir tidak sedang demam. Siapkan juga masker cadangan, apabila ada beberapa hadirin kedapatan tidak menggunakan masker.

3. Terapkan social distancing dan hindari kerumunan.
Tempatkan kursi tamu dengan berjarak. Para tamu undangan yang ingin mengucapkan selamat kepada mempelai tidak diperkenankan naik diatas panggung. Mereka hanya bisa melakukannya diarea pelaminan yang sudah ditandai. Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga harus menjamin tidak ada kerumunan tamu.

4. Pilih vendor catering yang menerapkan protokol kesehatan
Hal pertama yang wajid ditanyakan ketika memilih vendor catering adalah, apakah mereka sudah memiliki sertifikat food safety dan food handler. Hal ini penting karena untuk memastikan penyedia makanan layak mengolah, memproduksi serta menyajikan . Pastikan semua orang yang terlibat dalam jasa catering ini sudah divaksin.

5.Sebaiknya resepsi dilakukan ditempat terbuka

Untuk mengurangi resiko tertularnya virus, sebaiknya resepsi diadakan ditempat terbuka. Namun apabila tidak ditempat terbuka, pastikan gedung tempat resepsi mempunyai ventilasi udara minimal 10% dari luas ruangan yang memungkinkan udara bisa keluar masuk.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan apabila ingin menggelar resepsi pernikahan namun tetap dalam standar protokol kesehatan. Karena pandemi ini belum berakhir. Jangan khawatir apabila membutuhkan jasa catering pernikahan yang aman, kami dari Zaara catering memastikan bahwa kami mengolah bahan makanan dengan baik dan higenis sehingga bisa dinikmati tamu undangan. Jangan sungkan – sungkan untuk menghubungi kami apabila membutuhkan jasa catering pernikahan di Temanggung dan sekitarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *